Gerak Cepat PJ Bupati Varial, Petugas Disbunnak Langsung Suntik Vitamin ke Sapi Bali di Tebo



Jumat, 12 April 2024 - 09:09:18 WIB



Petugas Lapangan UPTD Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tebo Beri Vitamin ke Sapi Bali Milik warga di Dusun Bano Rejo, Desa Punti Kalo Kecamatan Sumay, Jum'at (12/4/2024).
Petugas Lapangan UPTD Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tebo Beri Vitamin ke Sapi Bali Milik warga di Dusun Bano Rejo, Desa Punti Kalo Kecamatan Sumay, Jum'at (12/4/2024).

JAMBERITA.COM --Gerak cepat PJ Bupati Tebo Varial Adhi Putra, Petugas Lapangan UPTD Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten langsung turun ke lokasi melakukan penyuntikan kepada sapi bali yang masih tersisa, karena terkena penyakit Jembrana. 

Pantauan di Dusun Bano Rejo, Desa Punti Kalo Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo, mereka petugas dengan berseragam berwarna kehijauan itu, langsung mendatangi warga atau pemilik salah satu hewan ternak sapi bali. Mereka langsung menuju ke kandang untuk melakukan penyuntikan.

"Kalau yang sudah terlanjur kena virus, itu tidak bisa kita vaksin karena makin lemas dia, tapi kita suntik untuk daya tahan tubuh saja," ungkap Petugas UPTD Puskeswan dan rumah Potong Hewan Munandar Dkk, yang mengaku dapat perintah dari Pj Bupati Tebo Varial Adhi Putra, Jum'at (11/4/2024).

Menurut pengakuan Munandar, mereka dari UPTD Disbunnak sudah turun dari sebelum sebelumnya, hanya saja butuh waktu untuk menyambangi satu kandang sapi, ke kandang sapi milik warga lainnya."Ini yang terkena hanya sapi bali, dan tidak menular ke sapi biasa, ini kita beri suntikan satu sapi, satu suntikan," jelasnya.

Munandar menjelaskan, selama ini pihaknya cepat mendapatkan informasi apabila ada hewan ternak yang alami sakit. Dimana sebenarnya, secara terbuka UPTD Disbunnak tentu membuka ruang bagi masyarakat."Ini sudah terjadi sejak sesudah banjir, masyarakat sudah kita jelaskan, sudah kita sosialisasikan. Namanya penyakit ternak itu di waspada apabila ada yang terkena cepat lapor, tetap kita layanani," jelasnya.

Untuk hari ini Munandar mengaku, mereka akan menyasar ke hewan ternak sapi bali yang masih tersisa dan masih sehat untuk dilakukan penyuntikan Vitamin."Hari ini kita khusus di Bano Rejo dulu, takutnya kalau menyeluruh keterbatasan waktu dan tidak terkejar, sekali lagi kita selalu sosialisasikan soal ini agar warga juga terbuka dan silahkan lapor kita akan turun, ini suntikan gratis," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi